Jumat, 26 April 2013

TUGAS 1 Etika dan Profesionalisme TSI 2


TUGAS 1 Etika dan Profesionalisme TSI 2

1.      Apa yang dimaksud dengan etika pada Teknologi Sistem Informasi, jelaskan menurut pendapat anda?
Jawab :
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak). Sedangkan profesi adalah bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian (keterampilan, kejuruan, dsb) tertentu. Profesionalisme adalah mutu, kualitas, dan tindak tanduk yang merupakan ciri suatu profesi atau orang yang profesional.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Etika dan Profesionalisme pada Teknologi Sistem Informasi adalah norma-norma dan ilmu pengetahuan pemikiran manusia bagi tingkah laku, keahlian atau kualitas seseorang yang profesional yang ahli dari manusia yang baik dalam menggunakan teknologi sistem informasi di lingkungannya.

2.      Jelaskan etika yang harus dilakukan oleh :
a.       Pengguna Teknologi Sistem Informasi
b.      Pengelola Teknologi Sistem Informasi
c.       Pembuat Teknologi Sistem Informasi
Jawab :
a.       Etika yang harus dilakukan oleh pengguna teknologi system menghormati hak cipta orang lain dalam hal penggunaan teknologi informasi, tidak merugikan orang lain, tidak merusak dan sebagainya. Jika menulis sebuah tulisan dan sumbernya diambil dari sebuah situs orang lain, maka situs orang lain tersebut harus dicantumkan di penulisan kita. Karena hal tersebut bukan sepenuhnya kita yang membuat maka harus dimasukkan link tersebut demi adanya etika dalam teknologi sistem informasi.
b.      Sebagai pengelola teknologi system informasi harus melaksanakan tugasnya sebagai pengelola dan tidak menyimpang dari ketentuan yang telah ditetapkan. Menjaga kerahasian apa yang dikelolanya dan mengelola tulisan kita dengan baik. Tulis hal yang benar dan akurat. Jangan sembarang menulis tidak sesuai dengan fakta dan kaidah yang berlaku karena akan merusak citra seseorang dan citra teknologi informasi.
c.       Pembuat, dalam hal merancang suatu teknologi informasi harus memperhatikan etika TI. Tidak menjadi mengambil ide/info dari orang lain secara illegal. Menjiplak dan sebagainya.
·         Memastikan integritas dan ketepatan waktu sistem informasi manajemen
·         Mencegah perubahan oleh pihak yang tidak berwenang pada saat pembuatan, transfer dan penyimpanan data
·         Menjamin kerahasiaan dan sensivitas informasi
·         Menjamin keabsahan akses oleh pengguna
·         Menjamin tersedianya sistem backup dan kemampuan recovery
·         Menjamin pengamanan fisik terhadap kerusakan informasi



3.      Sebutkan contoh dalam kehidupan sehari–hari tentang etika dalam Teknologi Sistem Informasi!
Jawab :
Sebagai contoh misalkan dalam melakukan jual-beli barang secara elektronik seperti e-commerce, Dari pihak penjual ataupun pembeli harus memiliki itikad yang baik dan jujur. Penjual wajib memberikan informasi yang benar berkaitan dengan syarat-syarat jual-beli atau kontrak dagang, dan produk yang ditawarkan harus sesuai dengan perundangan yang berlaku, agar tidak ada pihak yang dirugikan.
·         Lebih banyak menuju kearah penipuan, seperti website online yang menjual barang tapi dengan modus kebohongan. Ketika seseorang percaya bahwa website tersebut benar menjual barang dan sudah melakukan transfer pembayaran, namun barang tak kunjung dikirim.
·         Menulis sesuatu yang bukan fakta untuk menjelek-jelekan orang lain yang marak dilakukan didunia social networking seperti facebook, twitter dan lain sebagainya.
·         Pembajakan software atau aplikasi seseorang yang diambil tanpa etika teknologi dalam system informasi.
·         Menggunakan kecanggihan teknologi system informasi sesuai dengan UU yang berlaku.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews