Jumat, 26 April 2013

Solusi Komputer Mengalami Crash


Suatu saat anda pernah mengalami komputer hidup tetapi tidak sedang digunakan untuk beraktifitas. Tiba tiba PC Crash. Kondisi seperti itu sering terjadi dan fenomenanya pun bermacam macam seperti reset seketika,hang ataupun freeze.Beberapa hal dapat menyebabkan kejadian seperti pada kondisi tersebut. Cobalah untuk melacak kesalahan dengan teknik – teknik pengecekan sebagai Berikut :
1.        Pada kondisi computer mati, putuskan semua daya dan lepaskan penutup (casing) PC.
2.        Check semua koneksi dan kabel-kabel yang tertancap pada Mother board. Apakah masing masing sudah tertancap dengan benar ?
3.        Chek  juga kedudukan RAM, VGA card, sound card serta processor. Bila belum tepat, tekan secara hati hati untuk memposisikan dengan tepat pada tempatnya.
4.        Tegangan pada casing juga dapat menyebabkan gangguan kontak. Longgarkan sekrup-sekrup pada sandaran semua card di bagian belakang casing. Kadang kadang sandaran card yang melengkung juga dapat menyebabkan timbulnya tegangan pada casing.
5.        Sering juga crash computer disebabkan karena suhu CPU terlalu tinggi sehingga panas yang dihasilkan menjadi berlebihan. Periksa kipas kipas yang ada. Chek Apakah masih berfungsi dengan baik. Lakukan pembersihan kipas tersebut dengan kuas.
6.        Jika dengan berbagai pengecekan diatas ternyata tidak membuahkan hasil maka langkah terakhir adalah melakukan pengecekan dengan melakukan penukaran adapter, RAM atau prosesor yang lain. Kerusakan pada adapter tertentu, akan sulit untuk dianalisa secara meyakinkan apalagi jika kondisi fisik adapter tersebut dalam keadaan baik. Hal itu disebabkan karena adapter modern akan mematikan semua saluran pengecekan pada hampir semua jenis kesalahan. Satu satunya cara adalah dengan menukar adapter yang lama dengan adapter yang lain dan kemudian mengamati perubahan yang terjadi.

1 komentar:

@ariflemoon mengatakan...

thanks gan, informasi yang sangat bermanfaat .

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews