Selasa, 07 Mei 2013

Tugas 1 Bahasa Indonesia 2 : Kompresi Teks


Nama : Agus Priyono
NPM : 11109405
Sistem Informasi
Universitas Gunadarma

TUGAS RESUME 
Dikutip dari sebuah paper :



“Rancang Bangun Aplikasi Pengamanan Data Dengan Metode Enkripsi MacGuffin Dan Kompresi LZSS”


Penulis   : FIRMANSYAH M REZA

 Judul     : Aplikasi Sistem Keamanan Data

Tahun   : 2007

Fakultas  : Ilmu Komputer

Jurusan  : Sistem Informasi




KOMPRESI TEKS
•Kompresi berarti memampatkan/mengecilkan ukuran

•Kompresi data adalah proses mengkodekan informasi menggunakan bit atau information-bearing unit yang lain yang lebih rendah daripada representasi data yang tidak terkodekan dengan suatu sistem enkoding tertentu.
Contoh kompresi sederhana yang biasa kita lakukan misalnya adalah menyingkat kata-kata yang sering digunakan tapi sudah memiliki konvensi umum. Misalnya: kata “yang” dikompres menjadi kata “yg”. 


LATAR BELAKANG
Dengan semakin meningkatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Telah membawa dunia memasuki era baru yang sangat cepat dan penuh dengan kompetisi. Saat ini penggunaan komputer sudah bukan hanya menjadi sebagai alat komunikasi antar pemakai dan sebagai media penyimpanan sebuah berkas-berkas penting pada sebuah organisasi dan perusahaan itu sendiri. Dengan perkembangan komputer yang begitu pesat dan teknologi jaringan komputer yang semakin berkembang maka sisi keamanan data yang begitu penting untuk sebuah perusahaan atau organisasi menjadi sangat rawan tehadap pencurian data dan informasi. Menciptakan keamanan pada sebuah berkas elektronik merupakan sebuah hal yang sangat mendorong lajunya sebuah organisasi atau perusahaan tersebut untuk terus eksis dalam persaingan regional dan persaingan global guna mendapatkan kepercayaan dari konsumen sehingga berpengaruh pada tercapainya target yang diharapkan oleh sebuah organisasi atau perusahaan itu sendiri. Untuk menyikapi permasalahan yang biasanya terjadi pada perusahaan atau organisasi maka diperlukan adanya sebuah aplikasi untuk media penyimpanan data tersebut yang bersifat terpusat namun tetap memperhatikan aspek keamanan dan keterbatasan media penyimpanan itu sendiri.Enkripsi adalah sebuah model pengamanan data dimana ebuah file yang berisi pesan akan diubah sedemikian rupa sehingga tidak dapat lagi dibaca oleh manusia secara bebas sehingga data atau pesan yang ada didalamnya akan aman ketika disimpan. Model ini akan diintegrasikan dengan teknik kompresi yaitu teknik penampatan pada sebuah file yang dapat meminimalkan ukuran sebuah file tersebut pada media penyimpanannya. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang berbasis web sehingga proses penyimpanan dilakukan secara terpusat dengan menggunakan komputer server. Teknik enkripsi yang akan diterapkan disana adalah dengan menggunakan metode enkripsi Macguffin dan akan diintegrasikan dengan teknik kompresi dengan menggunakan metode LZSS (Lempel Ziv Storer and Szymanski). Teknik enkripsi yang diintegrasikan dengan teknik kompresi merupakan sebuah perpaduan yang tepat untuk mengatasi masalah keamanandata dan keterbatasan media penyimpanan Mengurangi resiko kehilangan data dan informasi yang sangat penting sehingga proses aktifitas yang di lakukan menjadi sangat nyaman karena dengan melakukan penyimpanan pada aplikasi yang terenkripsi maka kekhawatiran akan terjadinya kehilangan data dan pencurian informasi akan dapat dihindari.
Oleh karena itu, manusia selalu berusaha untuk menemukan suatu cara alterntif untuk menangani permasalahan tersebut,salah satunya dengan cara kompresi .

T U J U A N
•Membuat struktur data dari metode LZSS untuk melakukan kompresi file.
•Merancang aplikasi kompresi file dengan menggunakan metode Enkripsi MacGuffin Dan Kompresi LZSS.
•Membangun aplikasi kompresi file dengan menggunakan metode Enkripsi MacGuffin Dan Kompresi LZSS.

T A R G E T
Menyediakan aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan kompresi file sehingga menghemat media penyimpanan dan komunikasi data. 
Hasil data terkompresi tersebut dapat dikembalikan seperti file aslinyadengan proses dekompresi sehingga dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. 

M E T O D E

•Studi Literatur

  Studi literatur dilakukan dengan mencari dan memahami bahan-bahan pustaka terkait dengan aplikasi kompresi.

•Analisis Data

  Analisis data dilakukan dengan melakukan pencarian jurnal-jurnal, serta informasi tentang suatu hal atau masalah yang berhubungan dengan kompresi file dengan menerapkan metode Enkripsi MacGuffin Dan Kompresi LZSS.
•Perancangan Program

  Dari hasil analisis yang dilakukan selanjutnya dibuat rancangan untuk membangun aplikasi. Rancangan ini meliputi interface, proses serta alur program.

•Pembuatan Program

  Pembuatan program dilakukan dengan mengaplikasikan rancangan yang telah dibuat sebelumnya dengan tool yang ada.

• Uji Coba dan Evaluasi

Setelah aplikasi selesai dibuat selanjutnya dilakukan uji coba untuk mengetahui kinerja sistem serta kemungkinan terjadinya kesalahan untuk selanjutnya bisa diperbaiki.


• Penyusunan Laporan

Setelah semua tahapan di atas selesai, hal terakhir yang dilakukan adalah penyusunan laporan sebagai dokumentasi serta selanjutnya bisa dijadikan acuan untuk melakukan pengembangan.


H A S I L
Karya ilmiah yang baik adalah, hasil penelitian sesuai dengan apa yang menjadi target dan tujuan pada awalnya.

Untuk itu, dalam penelitian kali ini hasil nya adalah :

•Terciptanya struktur data dari metode LZSS untuk melakukan kompresi file.

•Terciptanya aplikasi kompresi file dengan menggunakan metode  Enkripsi MacGuffin Dan Kompresi LZSS.

•Menghemat media penyimpanan dan komunikasi data.

•Lebih fleksibel, karena data dapat di dekompresi kembali sesuai dengan kebutuhan .

K E S I M P U L A N

Kesimpulan yang diperoleh dari hasil pengerjaan tugas akhir tentang aplikasi kompresi file yaitu:
•Penerapan metode dictionary dengan menggunakan algoritma LZSS dalam aplikasi kompresi file ini memiliki waktu cepat dalam melakukan proses kompresi maupun proses dekompresi.
•Dari uji coba yang telah dilakukan, dengan melakukan pengkompresian terhadap beberapa file teks dan gambar, algoritma LZSS lebih bagus digunakan dalam pengkompresian file teks.
•Proses kompresi terhadap sebuah file yang berukuran sangat kecil akan menghasilkan sebuah file dengan ukuran yang lebih besar dari aslinya. Hal ini disebabkan karena munculnya karakter yang berbeda-beda dan membuat tambah banyak karakter yang tersimpan di dalam dictionary, sehingga menghasilkan file yang lebih besar dari file aslinya.

 K E M U N G K I N A N
Sangat diharapkan materi ini dapat menjadi kemungkinan besar untuk lebih efisien dari segi apapun dalam menyimpan data. Data dengan ukuran besar akan memakan waktu transfer yang lebih  lama dibandingkan dengan data yang memiliki ukuran lebih kecil, terkadang ada resiko tidak dapat tertampung pada media penyimpanan dan tidak tersampaikannya, sehingga akan memperkecil kapasitas kosong dalam memori media penyimpanan. Oleh karena itu, manusia selalu berusaha untuk menemukan suatu cara alterntif untuk menangani permasalahan tersebut, salah satunya dengan kompresi data.   

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews