Sabtu, 04 Mei 2013

Manusia dan Penderitaan


Manusia Dan Penderitaan

1.      Pengertian Penderitaan

Penderitaan berasal dari kata derita yang berasal dari bahasa sansakerta dhra artinya menahan atau menanggung. yang dimaksud menahan disini yaitu menahan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan akan dialami oleh semua orang  karna itu merupakan resiko kehidupan. Penderitaan sifatnya relatif. Karena sesuatu yang dianggap seseorang sebagai penderitaan belum tentu dianggap penderitaan pula oleh yang lainnya.

2.      Siksaan

Siksaan dapat dibedakan menjadi 2 yaitu siksaan badan atau jasmani , dan dapat  juga berupa siksaan yang dialami seseorang.Siksaan yang dialami manusia banyak dapat dilihat di media massa. Siksaan yang sifatnya psikis diantaranya merupakan kebimbangan, kesepian, dan ketakutan.

3.      Kekalutan Mental

Kekalutan MentalPenderitaan batin dalam ilmu psikologi dikenal sebagai kekalutan mental. Secara lebih sederhana kekalutan mental dapat diartikan sebagai gangguan kejiwaan akibat ketidakmampuan seseorang menghadapi persoalan sehingga menyebabkan perilaku yang kurang wajar.
Beberapa gejala permulaan bagi seseorang yang mengalami kekalutan mental adalah :a) Nampak pada jasmani, pusing, sesak nafas, demam, nyeri pada lambungb) nampak pada kejiwaannya dengan rasa cemas, apatis, cemburu, mudah marah. Tahapan gangguan kejiwaan adalaha. Gangguan nampak dalam gejala kehidupan, pada jasmani maupun rohanib. Usahan mempertahankan diri dengan cara yang salah. Beda halnya dengan orang yang tidak menderita gangguan jiwa, yang memecahkan masalahnya dengan segera.c. Kekalutan merupakan mental breakdown dan yang bersangkutan memiliki gangguanBeberapa sebab terjadinya kekalutan mental :a. kepribadian yang lemahb. terjadinya konflik sosial budayac. cara oematangan batin yang salah

4.      Penderitaan dan Perjuangan

Penderitaan adalah bagian kehidupan yang bersifat kodrati sehingga pasti dialami oleh setiap manusia. Penderitaan merupakan konsekwensi manusia hidup yang tidak hanya untuk bahagia, tapi juga untuk menderita.Pembebasan dari penderitaan pada hakikatnya merupakan upaya untuk mempertahankan kehidupan. Caranya yaitu dengan berjuang menghadapi tantangan kehidupan.

5.      Pengaruh Penderitaan

Pengaruh Penderitaan Orang yang mengalami mengalami penderitaan mungkin akan mengalami beberapa hal dalam hidupnya. Dapat berpengaruh positif misalnya dengan menambah semangatnya, atau lebih berfikir sebelum bertindak, atau justru sebaliknya, dapat menimbulkan hal yang berdampak negatif, misalnya keputus asaan, kekecewaan, dan kebencian terhadap hidupnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews